Rabu, 26 Mei 2010

Bab 5 Ikhlas - Hadits-hadits Nabi SAW Tentang Iman dan Ihtisab - Bag 2


1231. Dari Abu Umamah r.a., dan Nabi saw., beliau bersada, “Allah swt. berfirman, ‘Wahai anak Adam, jika kamu bersabar dan mengharapkan pahala pada saat pertama kali ketika ditimpa musibah, maka Aku tidak meridhai pahala untukmu, selain surga.” (H.r. Ibnu Majah).

1232. Dari Abu Mas’ud r.a., dari Nabi saw., beliau bersabda, “Apabila seorang lelaki memberi nafkah kepada keluarganya dan mengharapkan pahala, maka nafkah itu menjadi sedekah baginya.” (H.r. Bukhari).

1233. Dari Sa’ad bin Abi Waqqash r.a., bahwasanya Nabi saw. bersabda, “Sesungguhnya jika kamu menginfakkan sesuatu untuk mencari keridhaan Allah, maka pasti kamu akan diberi pahala karenanya, bahkan makanan yang kamu berikan pada mulut istrimu.” (H.r. Bukhari).

1234. Dari Usamah r.a., ia berkata, “Aku berada di sisi Nabi saw. Tiba-tiba datanglah salah seorang putri beliau dengan membawa kabar bahwa anaknya hampir meninggal, sedangkan Sa’d, Ubay bin Ka’b, dan Mu’adz r.hum. berada di dekat beliau. Maka beliau mengutus seseorang kepada puteri beliau (untuk menyampaikan pesan), ‘Kepunyaan Allah-lah apa yang Dia ambil, dan kepunyaan Allah pulalah apa yang Dia berikan. Segala sesuatu memiliki batas waktu. Maka hendaklah bersabar dan berharap.’” (H.r.Bukhari).

1235. Dari Abu Hurairah r.a., bahwasanya Rasullullah saw. bersabda kepada wanita-wanita Anshar, “Jika salah seorang di antara kalian mati tiga orang anaknya, kemudian ia mengharap pahala, maka ia pasti masuk surga.” Lalu seorang wanita shahabiyah bertanya, “Meskipun dua orang, wahai Rasullullah?” Beliau bersabda, “Meskipun dua orang.” (H.r. Muslim).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini memberikan informasi mengenai dalil-dalil shahih tentang enam sifat para shahabat Nabi. Bagi sebagian kaum muslimin yang mengingkari atau masih meragukan akan perkara enam sifat, sangat dianjurkan untuk membuka halaman blog ini dan bila masih kurang yakin, silahkan membaca langsung ke Kitab aslinya berjudul MUNTAHAB A HADITS karya Al hafizh Syeikh Maulana Zakariyya Al Kandahlawi rah. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP