Rabu, 26 Mei 2010

Bab 4 Ikramul Muslimin- Hadits-hadits Nabi SAW - Bag 6

841. Dari Abu Sa’id Al-Khudri, ia berkata bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, “Sakit kepala seorang mu’min, duri yang menusuknya, atau sesuatu yang menyakitinya — dengan sebab semua itu — , Allah akan mengangkatnya satu derajat pada hari Kiamat dan menghapuskan dosa-dosanya.’ (H.r. Ibnu Abid-Dunya, At-Targhib wat-Tarhib).

842. Dari Abu Umamah Al-Bahili r.a., dari Nabi saw., beliau bersabda, “Jika seorang hamba memohon dengan tunduk merendahkan diri (kepada Allah) karena sakit yang menimpanya, maka Allah akan mengembalikannya dalam keadaan suci.” (H.r. Thabarani).

843. Dari Hasan (Bashri) rahimahullah secara mursal dan marfu’, beliau bersabda, “Sesungguhnya Allah menghapuskan semua dosa seorang mukmin karena demam selama satu malam.” (H.r. Ibnu Abid-Dunya, It’ hafus-Sadatil-Muttaqin).

844. Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Allah Ta’ala berfirman, ‘Jika Aku menguji seorang hamba-Ku yang mu’min, dan ia tidak mengeluh mengenai Aku kepada orang-orang yang menjenguknya, maka Aku akan melepaskannya dari tahanan-Ku. Kemudian Aku akan menggantinya dengan daging yang lebih baik daripada daging sebelumnya dan darah yang lebih baik daripada darah sebelumnya. Kemudian ia bisa mulai beramal lagi.” (H.r. Hakim).
Keterangan
Aku akan melepaskannya dari tahanan-Ku. Kemudian Aku akan menggantinya. Yakni, Aku akan memberikan nikmat kepadanya berupa ampunan dan menyembuhkan penyakitnya sehingga ia dalam keadaan sehat sejahtera. Lalu Aku akan mengembalikan keceriaannya. (Hasyiyatut-Targhib).

845. Dari Abu Hurairah r.a., dari Nabi saw., beliau bersabda, “Barangsiapa menderita demam selama satu malam, lalu ia sabar dan rela kepada Allah ‘azza wajalla dengan penyakit tersebut, niscaya ia akan keluar dari dosa-dosanya seperti pada hari ketika ia dilahirkan ibunya.” (H.r. Ibnu Abid-Dunya, At-Targhib wat-Tarhib).




Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini memberikan informasi mengenai dalil-dalil shahih tentang enam sifat para shahabat Nabi. Bagi sebagian kaum muslimin yang mengingkari atau masih meragukan akan perkara enam sifat, sangat dianjurkan untuk membuka halaman blog ini dan bila masih kurang yakin, silahkan membaca langsung ke Kitab aslinya berjudul MUNTAHAB A HADITS karya Al hafizh Syeikh Maulana Zakariyya Al Kandahlawi rah. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP