Rabu, 26 Mei 2010

Bab 4 Ikramul Muslimin- Hadits-hadits Nabi SAW - Bag 4


831. Dari Jabir r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Ada tiga hal, barangsiapa di dalam dirinya terdapat tiga hal tersebut, Allah akan menghamparkan naungan-Nya kepada orang itu dan memasukannya ke surga, yakni bersikap lemah lembut terhadap orang yang lemah, belas kasih kepada kedua orangtua, dan berbuat baik kepada hamba sahaya.” (H.R. Tirmidzi). Keterangan
Naungan-Nya: Merupakan kiasan bahwa Allah akan meletakkannya di bawah naungan rahmat-Nya pada hari kiamat.

832. Dari Ibnu Abbas r.huma., dari Nabi saw, beliau bersabda, “Pada hari Kiamat akan didatangkan seorang yang mati syahid, kemudian ia ditegakkan untuk dihisab. Lantas didatangkan seorang yang bershadaqah, kemudian ia ditegakkan untuk dihisab. Kemudian didatangkan orang-orang yang terkena bala’, maka tidak dipasang timbangan amal untuk mereka, juga tidak dibuatkan catatan amal untuk mereka. Kemudian pahala dituangkan kepada mereka dengan derasnya, sampai orang-orang yang tidak tertimpa bala’ berangan-angan sekiranya tubuh mereka dipotong dengan gunting karena begitu banyaknya pahala Allah untuk mereka.” (H.r. Thabarani,Majma’uz-Zawa’id).

833. Dari Mahmud bin Labid r.a., bahwasanya Rasulullah saw. bersabda, “Bila Allah mencintai suatu kaum, maka Allah akan menguji mereka. Barangsiapa bersabar, ia akan mendapatkan (pahala) kesabaran. Dan barangsiapa mengeluh, ia akan mendapatkan keluhan.” (H.r. Ahmad).

834. Dari Abu Hurairah r.a., ia berkata, Rasulullah saw. bersabda, “Sesungguhnya seseorang dapat mempunyai kedudukan di sisi Allah yang tidak bisa dicapai dengan amal-amalnya. Yakni Allah terus-menerus mengujinya dengan perkara yang tidak diinginkannya sehingga ia mencapai kedudukan tersebut.” (H.r Abu Ya’la). Dalam riwayatnya yang lain, “Mempunyai kedudukan yang tinggi di sisi Allah.”

 835. Dari Abu Sa’id Al-Khudri dan Abu Hurairah r.a., dari Nabi saw., beliau bersabda, “Jika seorang Muslim ditimpa kepayahan, sakit yang tak kunjung sembuh, kegelisahan, kesedihan, gangguan dan kesulitan — bahkan sampai sebuah duri yang menusuknya — , maka Allah pasti akan menghapus dosa-dosanya dengan semua itu.” (H.r Bukhari).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini memberikan informasi mengenai dalil-dalil shahih tentang enam sifat para shahabat Nabi. Bagi sebagian kaum muslimin yang mengingkari atau masih meragukan akan perkara enam sifat, sangat dianjurkan untuk membuka halaman blog ini dan bila masih kurang yakin, silahkan membaca langsung ke Kitab aslinya berjudul MUNTAHAB A HADITS karya Al hafizh Syeikh Maulana Zakariyya Al Kandahlawi rah. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP