Rabu, 26 Mei 2010

Bab 5 Ikhlas - Hadits-hadits Nabi SAW - Bag 3


1216. Dari Abu Darda’ r.a., secara marfu’ dari Nabi saw., beliau bersabda, “Barangsiapa beranjak ke tempat tidurnya (untuk tidur), sedangkan ia berniat untuk shalat malam. Lalu kedua matanya membuatnya tertidur sampai Shubuh, maka apa yang telah ia niatkan itu dicatat untuknya, dan tidurnya itu merupakan sedekah dari Allah ‘azza wajalla untuknya.” (H.R. Nasa’i).

1217. Dari Zaid bin Tsabit r.a., ia berkata, “Saya telah mendengar Rasulullah saw. bersabda, ‘Barangsiapa menjadikan dunia sebagai cita-citanya, Allah akan mencerai-beraikan urusannya, membuat kefakiran ada di depan matanya, dan dunia tidak datang kepadanya, kecuali yang telah ditetapkan untuknya. Dan barangsiapa menjadikan akhirat sebagai tujuannya, Allah akan mengumpulkan urusannya dan memasukkan rasa kaya di dalam hatinya, serta dunia akan datang sendiri kepadanya dalam keadaan hina.” (H.R. Ibnu Majah).

1218. Dari Zaid bin Tsabit r.a., dan Nabi saw., beliau bersabda, “Ada tiga perbuatan yang dapat menghilangkan penyakit had seorang muslim: Ikhlas beramal karena Allah, ta’at kepada para pemimpin dan senantiasa menyertai jama’ah, karena doa mereka membentengi mereka dari semua sisi.” —penggalan hadits— (H.R. Ibnu Hibban).

1219. Dari Tsauban r.a., ia berkata, “Saya mendengar Rasullullah saw. bersabda, ‘Beruntunglah orang-orang yang ikhlas, merekalah pelita-pelita dalam kegelapan. Segala fitnah yang gelap tampak jelas bagi mereka.” (H.R. Baihaqi, Syu’abul-Iman).

1220. Dari Abu Firas rahimahullah, seorang lelaki dari Bani Aslam berseru, “Wahai Rasulullah, apakah iman itu?” Beliau bersabda, “Ikhlas.” —penggalan hadits— (H.R. Baihaqi).



Tidak ada komentar:

Posting Komentar

What Does This Blog Talk? Blog ini Bicara Tentang...

Blog ini memberikan informasi mengenai dalil-dalil shahih tentang enam sifat para shahabat Nabi. Bagi sebagian kaum muslimin yang mengingkari atau masih meragukan akan perkara enam sifat, sangat dianjurkan untuk membuka halaman blog ini dan bila masih kurang yakin, silahkan membaca langsung ke Kitab aslinya berjudul MUNTAHAB A HADITS karya Al hafizh Syeikh Maulana Zakariyya Al Kandahlawi rah. Semoga bermanfaat.

Lorem Ipsum

  © Blogger templates Romantico by Ourblogtemplates.com 2008

Back to TOP